Cara Memperbaiki Batre Laptop Yg Tidak Mau Full





Baterai laptop tidak bisa full 100% saat di isi atau di charger mungkin itu massalah anda saat ini tenang saja kali ini Blog Ilmu Kita akan membahasnya.

Laptop pada saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian kalangan terutama pekerja,mahasiswa bahkan pelajar lantas apa jadinya jika laptop yang anda miliki tidak bisa terisi dengan penuh saat di charger.

Bagi pengguna laptop atau notbook yang tiap harinya selalu menggunakanya tentu kalian pernah mengalami laptop yang sedang anda charger tidak terisi full padahal anda telah men charger seharian.

anda mungkin berfikir batrai ini sudah saatnya di lembiru (lempar beli yang baru)hehe tenang pada massalah ini masih ada solusinya kok.

Kita bahas dulu penyebab Batrai Laptop Tidak Tersisi Penuh Atau Full

PENYEBAB UTAMA BATRAI LAPTOP TIDAK BISA TERISI PENUH

1. GANGGUAN LISTRIK Seringnya pemadaman listrik oleh PLN merupakan hal yang sangat berbahaya pada perangkat elektronik termasuk laptop atau notbook karna tidak stabilnya pasokan listrik yang masuk kedalam batrai laptop anda dengan kapsitas batrai tersebut sehingga batrai mengalami malfungsi

2. CRITICAL BATTERY LEVEL  Semakin rendahnya pengaturan Battery ini semak
in besar resiko yang anda terima oleh karna itu atur seminimalnya 10% saja.

3.MEMBIARKAN LAPTOP MATI KEHABISAN BATRAI hal ini sangat berbahaya bagi ketahana laptop atau notbook yang anda miliki karna sebuah batrai mempunya COUNTER LIMIT yaitu penggunaan berapa kali yang bisa kita lakukan maka dari itu jangan lakukak sesekali lagi kebiasaan ini

Setelah mengetahui penyebab dari BATRAI LAPTOP ATAU NOTBOOK YANG TIDAK BISA TERISI FUUL sekarang langsung saja ke cara memperbaiki atau solusi yang harus anda lakukan


BERIKUT ADALAH DUA CARA MENGATASI BATRAI LAPTOP ATAU NOTBOOK YANG TIDAK BISA TERISI FULL

CARA 1: MENGGUBAH NILAI CRITICAL BATTERY LEVEL

1.Biaskan charger atau cass laptop anda sebelum laptop anda kehabisan batrai hal ini akan menambah cycle counter yang ada dalam laptop anda.


2.Mengubah CRITICAL BATTERY LEVEL menjadi hibernate hal ini sangat bermanfaat bagi laptop karna pada saat laptop anda dalam kondisi low ia otomatis akan mati dan data anda tersimpan aman.

3.Ubah lah nilai CRITICAL BATTERY LEVEL lebih dari 5% dan ubah LOW BATTERY LEVEL menjadi 10% jika tidak mengetahui caranya ikutilah langkah berikut ini.

 klik start>kemudian pilih control panel>security>power option>pada pilihan ''select a power plan'' klik bagian kanan ''change plan setting''>lalu akan muncul ''change setting for the plan'' lalu klik ''change advance power setting''lalu klik ikon (+) pada pilihan,battery, low battery level,critical battery level disini anda bisa merubah presentasi dari keadaan batrai laptop anda.
4.Setelah melakukan cara diatas anda harus melakukan pengecasan dalam kondisi baterai anda terisi lalkukan pengecasan selama 5 jam,tenang saja baterai anda akan aman karna battrai jaman now sudah dilenggkapi teknologi sehingga jika baterai full otomatis daya akan terhenti.

5.Setelah itu Battrai laptop anda akan mengalami peninggkatan 1% dari yang biasanya hanya 70% maka akan bertambah menjadi 71% lakukan hal ini berulang kali sampai laptop anda bisa terisi full 100%.

6.jika laptop anda tidak sedang di pakai lakukan pengecasan dalam kondisi mati (shut down) hal ini akan membantu meregenisasi sel sel pada batrai.

CARA 2: MELAKUKAN KALIBRASI BATERAI

Kalibrasi baterai adalah proses dimana menghabiskan seluruh daya batrai hingga 0% dan mengisi full baterai hingga full atau 100% proses ini dilakukan karna adanya indikator baterai yang menampilkan presentase daya baterai yang tidak sesuai dengan aslinya.

1.Buka terlebih dahulu power option di control panel dan membuat power plan yang baru



2.Beri nama power plan tersebut sesuka kalian disini saya akan memberinama "power"

3.Anda harus mematikan opsi trun off display agar baterai yang ada dalam laptop anda bisa habis tak tersisa

4.Kembali dan gunakan power plan yang sudah anda buat tadi lalu charger laptop anda hingga full

5.Jika baterai laptop anda sudah 100% full maka hidupkan laptop tersebut hingga mati dengan sendirinya
6.Terakhir charger lagi laptop anda hingga penuh
Previous
Next Post »